6 Langkah Membangun Usaha Dari Nol Hingga Sukses

6 Langkah Membangun Usaha Dari Nol Hingga Sukses

 6 langkah membangun usaha dari nol hingga sukses Alpermata.com – Membangun suatu usaha tidaklah begitu sesulit orang pikirkan. Terkadang pikiran kita sendiri yang membuat kita tidak mampu mewujudkannya. Banyak orang yang mengatakan bahwa memulai usaha itu sulit apalagi jika harus memulai dari nol. Terkadang kita lebih sering mendengarkan apa kata orang. Mungkin ada seseorang yang kita kenal pernah menjalani usaha dan dia gagal kemudian ketika kita bertanya kepadanya. Sudah tentu dia akan mengatakan membangun usaha itu sulit. Jika kamu ingin membangun usaha jangan salah dalam menemui orang yang kamu ingin tanya-tanya atau gali pengalamannya. Kerena orang yang kamu tanya akan berpengaruh dengan pikiranmu. Apakah nantinya kamu akan lanjut atau berhenti. Begitulah efek yang sangat besar kepada dirimu yang ingin membangun usaha. Ada baiknya berkonsultasilah kepada yang sudah ahlinya dan berpengalam misalnya di bidang kuliner. Buat kamu juga harus memiliki tekad yang bulat agar tidak menjadi sesuatu yang tidak punya pendirian nantinya. Kamu boleh saja bertanya atau mendengar pengalaman orang lain tetapi tetap saja kamu harus memiliki yang namanya komitmen. Untuk itu disini kami akan membagikan langkah membangun usaha dari nol yaitu :
  1. Menentukan usaha yang ingin di jalankan
Jadi ketika kamu ingin masuk dunia usaha dan ingin membuka usaha. Ada baiknya jangan hanya sekedar semangat saja tetapi tidak tau mau usaha apa yang ingin di bangun. Misalnya usaha catering rumahan,  atau usaha fashion atau usaha rumah makan  serta menerima jasa nasi kotak dan lainnya. Dan hal ini jangan hanya ikut-ikutan tetapi kamu juga harus benar-benar dalam menjalankannya. Dan suadah ada dukungan dari pihak keluarga dan hal ini sangat berpengaruh sekali dengan kemajuan usaha yang akan kamu jalani.
  1. Survei
Agar nantinya usaha yang kamu bangun berjalan lancar ada baiknya kamu melakukan survei langsung ke lapangan. Misalnya siapa market yang cocok untuk kamu targetkan, atau biasa harga pasaran dengan jenis usaha yang kamu jalankan. Dan juga misalnya kamu berkelut dalam bidang kuliner ada baiknya kamu tau dari mana baha-bahan mentah dan jenis menu apa yang cocok nantinya kamu jajakan. Misalnya arsik ikan mas, ayam geprek petir, bebek penyet, ayam rica-rica atau menu lainnya yang lagi banyak di perbincangkan orang lain. Saat survei begini kamu harus menggunakan analisis SWOT tentang Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan. Hal ini bisa kamu buat dengan bisnis plan.
  1. Modal
Untuk membangun sebuah usaha kamu juga harus mempersiapkan modal yang sudah kamu buat di bisnis plan. Dan hal ini sangat membantu jika kamu sudah mengetahui target pasar dan juga menggunakan analisis SWOT.  Akan lebih mudah kamu mempersiapkan modal. Meskipun kamu baru membangun usaha kecil-kecilan. Suatu usaha yang besar berasal dari usaha kecil yang sukses. Jika perencanaan modal kamu sudah sesuai dan nantinya bisa mengembalikan modal dari omset dalam waktu yang cepat. Itu tandanya usaha kamu akan segera besar. Tetapi untuk mencapai itu harus membutuhkan kesabaran. Misalnya buka usaha aneka jus.
  1. Bisnis Plan
Dalam usaha kamu harus memiliki perancanaan yang matang dengan adanya bisnis plan kamu akan lebih mudah membangun usaha kamu dari nol. Dan ini akan kecil kemungkinan usaha kamu hancur. Seseorang yang sudah memiliki bisnis plan akan lebih mudah di ketahui kapan dia akan membalikan modal. Dengan adanya strategi, target pasar, dan lain sebagainya.
  1. Berbeda dari yang lain
Hal yang berbeda dari yang lain harus kamu miliki dalam produk kamu. Misalnya di sekitar usaha kamu sebenarnya sudah banyak menjajakan jenis usaha yang saat ini kamu jalani. Hal ini tidak mengapa asal kamu memiliki produk yang berbeda dari yang lain. Dan biasanya yang membedakan ini yang akan membuat usaha kamu lebih di gemari orang. Misalnya kamu menjajakan makanan kekinian seperti ayam masak bali, mie tek tek atau jenis makanan lain. Kamu juga bisa menyediakan menu yang khas usaha kamu. Misalnya makanan daerah dan kamu bisa menyediakan aneka menu daerah. Hal inilah yang membuat usaha kamu akan di cari banyak orang.
  1. Promosi
Dalam membangun usaha agar cepat berkembang kamu juga harus mempromosikannya baik itu secara media cetak, media teknologi atau bisa juga melalui orang ke orang. Hal ini sangat berpengaruh dengan pendapatan kamu. Jika kurangnya promosi maka akan kurang pula omset kamu malah kamu akan rugi. Di era digital ini, sudah banyak yang mempromosikan barangnya dengan Sosial media. Dan kamu harus mengikutinya dan belajar yang namanya sosmed dan update setiap harinya. Demikian 6 langkah untuk membangun usaha kamu dari nol hingga sukses. Dan buat kamu yang memiliki banyak teman atau kenalan hal ini sangat membantu. Dengan membuat jaringan antar sesama. Kamu bisa mempraktekkan 6 langkah ini dalam usaha kamu. Tetapi tetap saja hal yang paling utama adalah mental yang kuat serta memiliki komitmen.