Cobain Yuk Pelleng Si Cina Mbara Masakan Khas Pakpak Hanya Ada Di Medan

Cobain Yuk Pelleng Si Cina Mbara Masakan Khas Pakpak Hanya Ada Di Medan

Selamat siang sobat, sudah pada tau belum pelleng si cina mbara enak di Medan? bagi sebagian orang pastinya sudah tau bukan? ya makanan ini adalah merupakan makanan khas pakpak. Biasanya ada saat ada acara adat saja. Tetapi saat ini kamu bisa menikmati menu ini secara langsung tanpa menunggu acara adat segala. Dengan rasa gulai ayam dan nasi yang berwarna kuning yang di bentuk dengan begitu variatif. Biasanya di ujung nasinya di letakan daging ayam yang disebut dengan tek tek dan di tambah dengan cabe merah di atasnya.

pellen sicina mbara medan

Dalam bahasa pakpak cina mbara adalah cabe merah. Jadi pelleng yang di hiasi dengan cabe merah. Tetapi gak jarang juga di buat cabe rawit. Untuk rasanya sendiri, makanan ini punya bumbu khas yaitu andaliman dan pedasnya merica juga cabai yang menambah kenikmatan menu ini. Selain itu, untuk sajian lengkapnya hampir sama dengan Arsik ikan mas. Hanya saja, makanan ini menggunakan kelapa goreng dan juga tidak banyak menggunakan asam cikala. Banyak juga yang menggantikan dengan asam daun. Sangat bervariasi bukan?

Untuk cara buatnya terbilang agak rumit dan melalui banyak proses. Mulai dari masakan ayamnya hingga masakan nasi kuningnya. Nasi kuning di sini juga memiliki rasa pedas, asam, dan juga terlebih dahulu di tumbuk hingga semua bumbu yang di masak menyatu.Kemudian nasinya di bentk menyerupai gunung dan diatasnya di buat potongan daging. Hal ini sudah menjadi adat istiadat orang pakpak.

Biasanya menu ini hanya bisa di dapat pas acara keluarga atau adat saja. Misalnya anaknya mau merantau, ada kumpul keluarga, dan acara pernikahan atau lainnya. Untuk dagingnya di gunakan ayam kampung yang biasanya di pilih ayam jago. Sehingga menghasilkan daging yang banyak. Jadi kalau dulu gak sembarangan ayam yang bisa di jadikan makanan ini. Tetapi saat ini sudah bisa kita temukan di Rumah makan Medan yang menjual menu ini.

Adat istiadat yang kental, dulunya orang pakpak menikahkan putra putrinya hanya dengan satu suku saja. Tetapi untuk saat ini sudah banyak di temukan nikah dengan lain suku. Selain itu, bahasanya juga memiliki dialeg yang hampir mirip dengan batak toba. Tetapi hanya saja ini lebih halus. Pakpak juga termasuk suku batak yang sudah banyak tersebar di Indonesia khususnya di Medan. Hampir sama dengan adat batak lainnya. Biasanya anak perempuan atau bisa di bilang boru kalau menikah harus dengan ukuran si nimot yang besar. Di sesuaikan dengan tingkat pendidikan anak itu. Jadi gak jarang kita dengar untuk pesta pernikahannya saja sampai puluhan juta dan ada juga sampai ratusan. Dan sudah juga banyak yang menggunakan jasa catering enak di Medan. Dan acaranya juga di laksanakan di hotel-hotel.

Tetapi hal itu sangat bertentangan dengan agama islam. Kerena di Islam sendiri di katakan semakin mudah maharnya semakin baik pernikahannya. Akan tetapi kalau pihak laki-laki sanggup tanpa meminta pihak perempuan itu di bolehkan. Untuk walimahannya hanya sederhana yang paling penting itu sahnya.

Tetapi kerena mengikuti adat banyak orang lupa dengan aturan agama. Selain itu, suku pakpak juga banyak yang beragama muslim serta banyak juga yang ramah. Memang sih kalau urusan suara tetap saja sama dengan batak lainnya. Jelas, keras dan juga jauh dari kata lembut. Tetapi untuk boru pakpak masakan pelleng si cina mbara enak di Medan baginya sangatlah muda kerena sudah dilatih agar kelak nantinya tau dalam masak memasak. Jadi buat kamu yang ingin dengan boru pakpak gak usah takut. Kerena boru pakpak suaranya aja yang keras hatinya lembut. Dan banyak boru pakpak itu mandiri dan bekerja sehingga kalau di tinggalkan gara-gara gak makan itu bukan kamus boru pakpak. Kerena selagi masih setia dan mau berjuang bersama tenang deh boru pakpak akan tetap setia. Hehehe